Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Batang / Berita / PENILAIAN LOMBA PENGELOLAAN SAMPAH DESA/ KELURAHAN TINGKAT KABUPATEN BATANG SUKSES DIGELAR

Berita

PENILAIAN LOMBA PENGELOLAAN SAMPAH DESA/ KELURAHAN TINGKAT KABUPATEN BATANG SUKSES DIGELAR

PENILAIAN LOMBA PENGELOLAAN SAMPAH DESA/ KELURAHAN TINGKAT KABUPATEN BATANG SUKSES DIGELAR

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-79 tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Lomba Pengelolaan Sampah Desa/ Kelurahan tingkat Kabupaten Batang. Lomba ini sukses digelar berkat dukungan dari PT. Bhimasena Power Indonesia dan Bank Jateng.

            Lomba Pengelolaan Sampah diinisiasi oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Dra. Lani Dwi Rejeki, M.M. bersama Dinas LIngkungan Hidup Kab. Batang. Lomba diikuti oleh perwakilan desa dari setiap kecamatan di Kabupaten Batang dengan jumlah 15 desa dari 15 kecamatan. Lomba ini bertujuan menghindari darurat sampah dan menanamkan mindset kepada masyarakat bahwa sampah sebagai karunia yang harus dikelola dengan baik. Pemerintah Kabupaten Batang mengharapkan masing-masing desa mampu mengelola dan memanfaatkan sampahnya sendiri, sehingga permasalahan sampah selesai di desa, minimal hanya residu yang diangkut ke TPA. Dengan demikian sampah yang diangkut ke TPA akan semakin berkurang dan dapat memperpanjang usia TPA serta menjaga kelestarian lingkungan. Kedepan diharapkan pemerintah desa dengan warga masyarakat untuk turut andil dalam menghadapi permasalahan sampah sehingga menjadi Desa Mandiri sampah.

            Pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2024 dalam acara upacara hari kemerdekaan RI.